GAYA KONSUMENRISME DI TENGAH-TENGAH MASYARAKAT URBAN

Suasana downtown yang ramai menunjukkan gaya konsumenrisme kaum urban masyarakat Serpong.

KAMPUNG SERPONG – Jalan-jalan di mall, nongkrong di kedai kopi, nge-gym, dan sebagainya adalah ciri-ciri peradaban masyarakat perkotaan(urban life) dewasa ini. Hal- hal di atas menjadi sebuah gaya hidup konsumsi baru yang tak luput lepas dari kehidupan kita sehari-hari. Gaya hidup menunjukkan bagaimana orang mengatur kehidupan pribadinya, kehidupan masyarakat, perilaku di depan umum, dan upaya membedakan statusnya dari orang lain melalui lambang-lambang sosial.

Bagi sebagian orang hidup di urban life adalah identik dengan konsumerisme. Akan tetapi tidak menuntut pula sebagian orang tidak sama sekali identik dengan konsumerisme.

Menurut Eny Suhaeni, salah seorang dosen sekaligus pengunjung mall mengungkapkan tidak semua masyarakat urban identik dengan konsumerisme. Urban yang konsumenrisme hanyalah mereka saja yang mempunyai fasilitas tunjangan ekonomi lebih. “Tidak melulu konsumenrisme, sebagaian masyarakat menengah ke atas yah senang berkonsumenrisme, tergantung ekonominya,” jelasnya.

Selain dari segi ekonomi, secara segi sosial juga mendukung gaya konsumenrisme yaitu adanya komunitas. Mereka sudah memiliki komunitas sendiri, sehingga memungkinkan mereka untuk berkonsumenrisme dengan cara nongkrong kumpul bersama komunitas. Adapun tujuan dari nongkrong yaitu meninggalkan rutinitas aktivitas sejenak untuk refreshing. “Biasanya kalau nongkrong itu ngopi, nonton sama bapak-bapak,” kata Eny.

Bicara mengenai dampak negatif dari konsumenrisme, penilaiannya dari segi pendidikan mengatakan gaya hidup konsumenrisme tersebut tidak baik. Hal ini berkaitan dengan gaya hedonisme yang suka akan kemewahan dengan cara membeli segalanya. Hal ini tentu dinilai sangat tidak mendidik bagi anak- anak. Akibatnya muncul konflik terhadap kesenjangan ekonomi atas tuntutan konsumenrisme tersebut.

Penulis & Editor : Heni Wang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s