Pahlawan Malam

IMG_7909

Surya Iskandar setia menjaga keamanan sektor selama 7 tahun

Rumah-rumah sudah gelap, para penghuni sudah terlelap. Seorang pria paruh baya berseragam lengkap masih terjaga. Pada baju bagian dada sebelah kanan tertulis, Surya Iskandar. Keamanan Sektor 1E Gading Serpong menjadi tanggung jawabnya malam itu.

Ditemani matahari malam yang redup, ia berusaha melawan matanya yang mulai sayup. Tukang kopi keliling seketika datang bagaikan pahlawan. Segelas kopi hitam langsung dipesan, untuk menghilangkan kantuk dan bosan. Dua ribu rupiah cukup untuk menjadi teman selama delapan jam.

Sembari melepaskan penat di singgasananya yang sudah rapuh, ia menyeruput kopinya yang mulai teduh. Seteguk, tidak lebih. Malam masih panjang, masih butuh teman untuk berjuang. Tanggung jawab keamanan sektor masih ia pegang.

Hembusan angin malam senantiasa membelai pria berkumis lebat ini. Seakan menggoda untuk memejamkan kedua kelopak matanya. Sulit untuk menolak, namun harus. Keempat buah hatinya menjadi sumber tenaga dan motivasi luar biasa baginya.

Cita-cita Surya mulanya sangat sederhana dan mulia, menjadi guru. Sayang, karena masalah ekonomi, ia harus mengubur dalam-dalam impiannya tersebut. Sekarang yang bisa ia lakukan hanyalah bekerja sekeras mungkin, agar buah hatinya kelak bernasib lebih baik dari ayahnya.

Menengadah ke atas, menerawang sang rembulan. Tak terasa, tujuh tahun sudah ia menjadi teman setia satelit bumi. Meski bukan ini cita-citanya, yang penting halal. Ia tidak mau mencari nafkah seperti mereka yang pernah membuatnya dituduh mencuri motor. Ya, ia pernah lalai dalam tugasnya, sehingga seorang warga kehilangan sepeda motornya.

Sebelumnya, ia bekerja sebagai sopir di sebuah perusahaan spring bed, lima tahun lamanya. Tiap hari hanya bercumbu dengan asap knalpot dan menelan bisingnya klakson, tidak ada yang bisa dinikmati dari pekerjaannya. Ditambah kondisi lalu lintas ibu kota yang semakin padat, membuatnya memutuskan untuk berhenti. Santai, itulah yang diinginkan dalam pekerjaannya.

Seteguk kopi lagi, bertahan agar tetap terjaga demi sang istri tercinta. Istri Surya juga membantu menafkahi keluarga dengan bekerja di pabrik sepatu di Tangerang. Untuk menambah penghasilan, Surya juga menyempatkan diri untuk mengojek di waktu luang. Pekerjaan serabutan pun tidak malu ia lakoni, asalkan halal dan menghasilkan uang. Tahun ini mereka harus menyiapkan dana ekstra, karena anak sulung mereka yang berumur 21 tahun, akan lulus SMA dan ingin melanjutkan kuliah, serta anak bungsunya yang berumur lima tahun, baru akan masuk sekolah.

PT Summarecon telah melepaskan tanggung jawabnya untuk menggaji para penjaga sektor ini, termasuk Surya. Sekarang, gaji Surya dan rekan-rekan satpam lainnya bergantung kepada iuran warga sektor tiap bulan. Beruntung, penghuni sektor 1E adalah para warga yang baik, bayaran gajinya tiap bulan tidak pernah mengalami masalah. Kendati demikian, ia lebih memilih bekerja di bawah PT Summarecon, karena ada jaminan, tunjangan dan lain-lain yang tertulis secara resmi.

Televisi yang tersedia di pos jaga, membuatnya mengetahui tentang keadaan lingkungan sekitarnya, termasuk keadaan negaranya, Indonesia. Ia merasa kecewa dengan pemerintah sekarang, tidak membela rakyat kecil. Surya merasa kaumnya hanya menjadi sasaran pencitraan pemerintah, tidak lebih.

Kini, Surya hanya berharap ia mempunyai modal untuk membuka usaha warung sendiri. Ia tidak ingin bekerja dan bergantung kepada orang lain terus-menerus. Sambil menunggu harapan itu menjadi kenyataan, ia akan tetap setia menatap bintang-bintang di langit malam. Seteguk kopi lagi untuk menyambut seorang warga yang baru pulang larut malam.

Penulis : Daniel Luke

Editor    : Shandy Lopulisa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s